$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Pesona Pantai Sembilan Wisata Gili Genting Madura

Pemandangan pantai Sembilan di Gili Genting bisa dinikmati setelah menempuh perjalanan jauh, dan disarankan membawa kendaraan pribadi untuk ke sana.

pantai sembilan di gili genting sumenep madura

Pesona Pantai Sembilan wisata asal Madura ini memang menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Hal ini karena ini memiliki pemkamungan sangat indah. Meskipun kabarnya pantai ini memiliki keadaan cuaca sangat indah, namun tidak membuat para wisatawan menyerah untuk datang ke pulau ini. 

Pulau yang memiliki julukan Pulau Garam ini berada di seberang Surabaya dan memiliki sebuah spot wisata menarik dengan nama Pantai Sembilan. Tempat ini berada di sebuah Kepulauan Gili Genting. Keberadaan Pantai Sembilan secara spesifik berada di Kecamatan Gili Genting, Sumenep.

Di ujung pulau Madura, Sumenep memang sangat terkenal dengan spot wisatanya yang sangat menarik dan indah. Bukan itu saja, harga tiket murah juga menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi tempat-tempat wisata di sana. 

Sebelum kita beralih ke pembahasan Pantai Sembilan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai Pulau Ginting dan tempat keberadaannya. Pulau ini terletak di wilayah Sumenep dan bagian tenggara Pulau Madura dengan luas 30,31 km persegi.

Gili Genting terbentuk pada tanggal 7 April 1982 sebagai sebuah kecamatan dan merupakan sebuah pemekaran dari kecamatan Bluto. Kecamatannya terdiri atas beberapa desa yaitu Desa Bringsang, Aenganyar, Galis, Gedugan, Banmaleng, Jete Banbaru, dan juga Lombang.

pantai sembilan gili genting sumenep

Asal-Usul Pantai Sembilan

Berbicara mengenai pesona Pantai Sembilan, pastinya kamu bertanya-tanya mengapa tempat ini diberi nama Pantai Sembilan? Dahulu, tempat ini memiliki nama Pantai Bringsang. Namun, setelah diperhatikan bentuk pulaunya mirip dengan angka sembilan, sehingga akhirnya diberi nama dengan “Pulau Sembilan”.

Masyarakat setempat lebih senang memanggilnya dengan sebutan Pantai Putih karena memiliki pasir putih sangat bersih. Dahulu, tempat ini merupakan sebuah pelabuhan kecil tempat di mana banyak perahu berskamur sebelum akhirnya melanjutkan menuju tujuannya.

Perahu-perahu tersebut sebenarnya merupakan sebuah perahu penyeberangan dan menjadi penghubung Pulau Gili Genting dengan sebuah tempat bernama Pantai Marethen, berlokasi di sebarang Pantai Sembilan. Kemudian justru tempatnya menjelma menjadi sebuah tempat wisata kecintaan wisatawan.

sunset di pantai sembilan sumenep madura

Rute Menuju Pantai Sembilan

Untuk bisa menikmati pesona Pantai Sembilan, tentunya Kamu harus sampai dulu ke tempat ini. Bagi para wisatawan sangat disarankan untuk menggunakan sebuah kendaraan pribadi seperti sepeda motor. Karena sepeda motor bisa diangkut untuk menyebrang menggunakan perahu.

Jika kamu mengambil rute dari Surabaya, langsung saja berangkat ke jembatan Suramadu. Setelah itu menuju Tangkel Bangkalan, ambil arah timur dan pergi ke Sampang, Pamekasan. Dari sana kamu akan melewati sebuah pantai yang bernama Pantai Talang Siring berada di perbatasan Pamekasan.

Lanjutkan perjalanan menuju Sumber Beceng Kaduara Timur Sumenep, lanjut ke Prenduan, Karduluk, lalu sampai ke Kapedi Pekandangan dan Bluto. Setelah sampai di sini, kamu akan memasuki sebuah wilayah yaitu kecamatan Saronggi. Ambil arah kanan dan belok ke Pelabuhan Tanjung. 

Di sini kamu tidak bisa melanjutkan menggunakan motor karena harus menyebrang. Namun jangan khawatir karena kendaraan motor masih bisa diangkut menggunakan perahu penyebrangan bersama kamu. Jika berangkat dari sebuah Pelabuhan Tanjung Saronggi atau Pelabuhan Pagar Batu proses penyebrangan ini akan memakan waktu sekitar 30 menitan.

Biaya penyeberangan perorangnya tidaklah mahal. Dijamin sakumu tidak akan menjerit ketika mendengar tarifnya. Jika kamu membawa motor menyebrang, maka kamu akan diminta tarif tambahan penyebrangan motor tersebut. Setelah sampai ke penyebrangan, perjalanan bisa dilanjutkan dengan jalan kaki atau menaiki motor.

penginapan atau cottage di pantai sembilan pulau gili genting madura

Daya Tarik ketika Mengunjungi Pantai Sembilan

Mendengar kalimat pesona Pantai Sembilan, pastinya membuat hati penasaran sebenarnya ada keindahan dan daya tarik apa di sana sampai-sampai tempat tersebut menjadi sangat mempesona. Sebenarnya, yang menjadi daya tarik dari tepat tersebut karena pulaunya memiliki bentuk angka sembilan.

Angka sembilan terbentuk secara alami dari gundukan pasir. Selain bentuknya yang unik, memiliki pesona yang bisa membuat setiap pengunjungnya menjadi betah untuk berada di tempat tersebut. Deburan ombak disertai semilir angin sepoi-sepoi membuat liburan bersama keluarga menjadi berkesan.

Tidak berhenti di situ saja, pesona Pantai Sembilan ini juga terletak pada kejernihan air laut yang dimilikinya. Saking jernihnya air laut tersebut bisa membuat siapapun yang melihatnya terhipnotis seketika ingin berenang atau sekadar bermain air di sana. 

Apalagi bagi mereka yang senang snorkeling, tempat ini akan bersahabat dengannya karena tempat ini memiliki spot yang mendukung kegiatan tersebut. Terumbu karangnya yang indah, dan warga laut yang beraneka ragam bisa jadi hiburan tersendiri bagi para penyuka snorkeling.

Berdasarkan informasi dari kepala desa Bringsang, tempat tersebut cukup ramai didatangi pengunjung meskipun masih belum seramai wisata lainnya yang ada di wilayah Madura. Ini bisa menjadi informasi yang baik karena itu berarti keindahan alamnya berpotensi masing sangat alami belum tersentuh oleh banyak manusia. 

fasilitas bermain dan wisata di pantai sembilan pulau gili genting madura

Fasilitas yang Ada di Pantai Sembilan

Jika berbicara mengenai pesona Pantai Sembilan memang tidak akan pernah ada habisnya karena keindahan dari tempat wisata ini bisa bikin siapapun yang berkunjung gagal move on. Mengenai fasilitas yang disediakan, tempat wisata ini menyediakan beberapa fasilitas yang bisa membuat kamu tidak ingin pulang.

1. Ayunan

Di tempat ini memiliki fasilitas ayunan. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan sambil bermain ayunan. Jarang-jarang ada pantai yang menyediakan fasilitas ayunan. Kamu juga bisa mengambil foto ala selebgram di ayunan tersebut.

2. Bungalow

Bagi kamu yang ingin menginap di tempat ini, kamu bisa menyewa Bungalow yang dibangun tepat di pinggir pantai. Jadi, sambil bermalam di sana kamu bisa sambil menyaksikan pesona Pantai Sembilan malam hari. Bungalow ini dibangun dengan gaya tradisional. Fasilitas Bungalow cukup lengkap, bahkan ada AC.

3. Kuliner Khas Madura

Bukan hanya menginap saja, kamu juga bisa menikmati kuliner masakan khas Madura. Kuliner masakan Madura ini bisa kamu dapatkan dari warung-warung kecil yang ada di sana. warung-warung ini buka hingga malam hari. Di warung tersebut tersedia petis, baso, dan makanan lainnya khas Madura.

4. Water Sport untuk Menikmati Pesona Pantai Sembilan

Fasilitas ini juga ternyata disediakan oleh Pantai Sembilan. Fasilitas water sport seperti banana boat dan donat boat bisa kamu sewa bersama teman-temanmu di sana. untuk menaikinya, kamu harus merogoh sebuah kocek yang cukup dalam. Untuk bisa naik banana boat, kamu harus membayar sekitar Rp 150.000.

Jika ingin mencoba wahana donat boat, tentu harga yang dibayar berbeda. donat boat memiliki tarif yang sedikt lebih mahal dari banana boat yaitu sekitar Rp 250.000. Kedua wataer sport ini, akan menarik kamu ke tengah laut dan menghantam ombak.

Yang menjadi spesial dari tempat ini adalah jarang memiliki terumbu karang, sehingga bagi pengunjung yang ingin bermain-main air di pinggir tidak perlu takut akan menginjak terumbu karang. Kaki kamu pun akan aman dan tidak akan terluka oleh terumbu karang saat berenang sambil menikmati pesona Pantai Sembilan.

Video: Traventure-Man Melancong ke Pantai Sembilan

COMMENTS

open trip gili labak
paket wisata gabungan open trip gili labak
paket wisata gabungan open trip gili labak
wisata banyuwangi kawah ijen dan baluran
Nama

bangkalan,2,destinasi,4,fasilitas,2,gili genting,4,gili labak,2,guest house,1,kuliner,1,makanan,1,pantai sembilan,2,penginapan,1,perahu,1,sumenep,2,transportasi,1,
ltr
item
Wisata Gili Labak & Pantai Sembilan: Pesona Pantai Sembilan Wisata Gili Genting Madura
Pesona Pantai Sembilan Wisata Gili Genting Madura
Pemandangan pantai Sembilan di Gili Genting bisa dinikmati setelah menempuh perjalanan jauh, dan disarankan membawa kendaraan pribadi untuk ke sana.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEdV31iXTGXs-ynT3tHKDnAVtnYBbuJ4aqs42_vHp92ssAg37q-g42DRuTIKdt29Wnf3mKUtgM4msPuKrSOkLex8MMAyUW1RBTPByrIL7n3YsQzJTb8jZJwhKN7UA7tJ-nHW4fHtbCxaic/s0/pantai-sembilan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEdV31iXTGXs-ynT3tHKDnAVtnYBbuJ4aqs42_vHp92ssAg37q-g42DRuTIKdt29Wnf3mKUtgM4msPuKrSOkLex8MMAyUW1RBTPByrIL7n3YsQzJTb8jZJwhKN7UA7tJ-nHW4fHtbCxaic/s72-c/pantai-sembilan.jpg
Wisata Gili Labak & Pantai Sembilan
https://www.exploremadura.com/2020/09/pantai-sembilan-gili-genting.html
https://www.exploremadura.com/
https://www.exploremadura.com/
https://www.exploremadura.com/2020/09/pantai-sembilan-gili-genting.html
true
2053202605870453896
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy